Bawaslu dan KPU pantau tes kesehatan Jokowi-Ma’ruf 0 106

bawaslu

Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan hari ini. Tahapan ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan menunjuk RSPAD Gatot Subroto sebagai lokasinya.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, lembaganya mempercayakan kepada rumah sakit untuk jalannya rangkaian tes hari ini. Dia mengatakan, kehadiran pihaknya merupakan bagian dari tahapan pencalonan yang mengharuskan mereka mengikuti tahapan ini.

“Ini 1 kali (tesnya) tapi kalau ada yang perlu didalami bisa didalami,” ucap Arief, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8).

Arief menjelaskan, rangkaian pemeriksaan akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Diperkirakan, pemeriksaan ini akan dilakukan dalam waktu 8 hingga 9 jam.

“Persiapan jam 6, mulai diperiksa jam 8,” ujar Arief.

Ikut mendampingi dalam pemeriksaan itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Hanura Harry Lontung Siregar.

sekjen parpol pendukung Jokowi di RSPAD 2018 Merdeka.com/supriatin
sekjen parpol pendukung Jokowi di RSPAD 2018 Merdeka.com/supriatin

Hasto mengatakan, jelang pemeriksaan kesehatan, Jokowi-Ma’ruf sudah mempersiapkan diri. Termasuk sudah menjalankan puasa minimal enam jam.

“Dan Alhamdulillah semua persiapannya semua baik,” ujar Hasto.

Sekadar informasi, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan tim dokter berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Hasil pemeriksaan akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu persyaratan administratif calon dalam Pilpres 2019.

Pilpres 2019 akan diikuti dua pasangan calon. Yakni Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Prabowo-Sandiaga Uno akan melakukan tes kesehatan pada Senin 13 Agustus 2018.

Jokowi-Ma’ruf Amin didukung sembilan partai politik (parpol) di Pilpres 2019. Mereka adalah, PPP, Golkar, NasDem, PKB, PDI-P, Perindo, PKPI, Hanura, dan PSI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung PKS, PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Reporter: Yunizafira Putri

Sumber: Liputan6.com

Facebook Comments
Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular Topics