Beri Ucapan Selamat ke Prabowo, Jokowi Ingin Pemilu Tak Memutus Komunikasi antar Anak Bangsa 0 455

Jakarta, JokowiMaruf.Net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat ulang tahun kepada Prabowo Subianto. Melalui akun media sosial, Jokowi memasang foto momen kebersamaan antara dirinya dengan Prabowo. Jokowi juga berdoa untuk kesehatan dan kebahagiaan calon presiden nomor urut 02 itu.

“Saya menyampaikan selamat kepada sahabat saya Bapak Prabowo Subianto, yang merayakan ulang tahun yang ke-67 pada hari ini.Teriring doa dan harapan yang tulus semoga panjang umur, dilimpahi kesehatan, dan diberikan kebahagiaan. Aamiin,” kata Presiden Joko Widodo di akun resminya.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin, Arsul Sani mengatakan, pemandangan yang ditampilkan melalui media sosial milik Jokowi ini sejatinya menjadi oase di tengah rivalitas dua pihak yang bersaing di Pilpres 2019.

Melalui ucapan ulang tahun kepada Prabowo, Jokowi ingin menyampaikan pesan bahwa pemilu jangan sampai merenggangkan komunikasi antar anak bangsa.

“Dengan pesan ultah ke Pak Prabowo itu, Pak Jokowi sebenarnya ingin mengajak seluruh warga bangsa bahwa kontestasi politik itu jangan sampai mengorbankan komunikasi dan silaturahmi antar pribadi, apalagi melahirkan sikap yang dalam Bahasa Jawa dinamakan “jotakan” alias diam-diaman tidak saling ngomong hanya karena sedang berlawanan posisi,” kata Arsul di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Arsul mengatakan, di sebagain kalangan masyarakat Indonesia, pemilu seringkali menimbulkan perpecahan dalam hubungan antar pribadi hanya karena beda partai atau pilihan calon.

Melalui pesan di media sosial itu, Arsul menyebut Jokowi ingin situasi saling berdiam diri tanpa komunikasi lantaran beda pilihan politik tidak terus dipeliahara di republik ini.

Masih kata Arsul, gaya komunikasi merangkul juga telah diterapkan oleh TKN Jokowi-Ma’ruf terhadap badan pemenangan Prabowo-Sandiaga. TKN, kata Arsul, beberapa kali mengajak badan pemenangan Prabowo-Sandiaga untuk melakukan pertemuan rutin sekadar untuk berkomunikasi tatap muka.

“Walau sejauh ini belum secara resmi terealisasi secara beramai-ramai atas nama tim pemenangan masing-masing,” kata Arsul.

Sementara itu, pengamat politik Manilka Research and Consulting, Herzaky M Putra mengatakan, ucapan selamat ulang tahun untuk Prabowo yang disampaikan Jokowi di berbagai media sosial, merupakan bentuk komunikasi politik yang bersahabat dari Jokowi.

“Jokowi ingin menunjukkan kepada publik, meskipun sedang berkompetisi dengan Prabowo dalam perhelatan Pilpres 2019, hubungan pribadi tetap dijaga dengan baik,” kata Zaky.

Zaky menambahkan, kontestasi politik tidak perlu menjadi alasan untuk bertikai, apalagi berperang. Kontestasi politik memang ajang untuk menunjukkan siapa yang lebih baik kepada publik, tapi bukan berarti perlu menghalalkan segala cara dalam memenangkannya. Termasuk, tentu saja, tidak perlu sampai memutus tali kekeluargaan atau persahabatan.

Dengan komunikasi politik yang bersahabat dan sejuk seperti yang dicontohkan Jokowi, lanjut Zaky, harapannya masyarakat di akar rumput dalam berpolitik juga bisa mencontoh pemimpinnya.

“Menghindari perselisihan, pertikaian, apalagi perdebatan secara berlebihan. Baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya,” kata Zaky.

(Dwi Badarmanto/Infopublik TKN)

Facebook Comments
Previous ArticleNext Article

Most Popular Topics