Empat Tahun Pemerintahan Jokowi, Angka Pengangguran Terendah Dalam Sejarah Paska Reformasi 0 247

Jakarta, JokowiMaruf.Net – Sejumlah capaian berhasil ditorehkan oleh Joko Widodo dan Jusuf Kalla di empat tahun masa kepemimpinannya. Salah satu capaian itu yakni keberhasilan Jokowi memangkas angka kemiskinan di Indonesia.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, untuk pertama kalinya angka kemiskinan di Indonesia berada di level satu digit, yakni 9,82%. Pada tahun 2014 angka kemiskinan berkisar di angka 10,96%.

“Ini pertama dalam sejarah, angka kemiskinan berada di bawah satu digit,” kata Moeldoko di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Penurunan angka kemiskinan ini juga dibarengi dengan penurunan gini ratio dari 0,414 pada 2014 menjadi 0,389 pada 2018.

Capaian lainnya, pemerintahan Joko-JK berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi di angka 5,17% di semester pertama tahun 2018.

Sementara itu, jumlah pengangguran menurun dari 5,94% di 2014 menjadi 5,13% di 2018. Menurunnya jumlah pengangguran itu selaras dengan semakin tingginya penyerapan jumlah tenaga kerja di Indonesia sebanyak 8,7 juta lapangan pekerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyebut jumlah pengangguran pada 2018 itu adalah yang terendah dalam sejarah Indonesia paska reformasi.

“Sejak reformasi, angka pengangguran ini yang terendah,” kata Hanif.

Sebagai pembanding, Hanif meminta publik tak menutup mata dengan data pengangguran tahun-tahun sebelumnya.

Meski telah menorehkan banyak capaian, Hanif mengakui pemerintahan dirinya memiliki banyak pekerjaan rumah untuk terus mengurangi angka pengangguran di Indonesia. [JMN/Tim]

(Dwi Badarmanto/Infopublik TKN)

Facebook Comments
Previous ArticleNext Article

Most Popular Topics