Jokowi-Ma’ruf Unggul atas Prabowo-Sandiaga Berdasarkan Hasil Survei LSI 0 193

Ilustrasi karikatur. (Sumber gambar : Kompas.com)

JokowiMaruf.Net — Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukan elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin lebih tinggi dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di kalangan pengguna sosial media.

Survei LSI ini dilakukan pada periode 12-19 Agustus 2018 dengan melibatkan 1.200 responden di 33 provinsi Indonesia.

Pada survei terakhir ini, LSI menemukan responden yang menggunakan sosial media sebesar 28,5 persen. Sedangkan yang tidak menggunakan Sosmed sebesar 71,5 persen.

Dari 28,5 persen itu, sebanyak 48,3% responden pengguna sosial media memilih Jokowi-Ma’ruf, sementara Prabowo-Sandiaga sebesar 39,5%.

“Jadi dari data ini kita lihat pertarungan di media sosial yang punya akun itu unggul, tetapi tidak sebesar di bukan pengguna sosial media. Dan yang belum memutuskan atau tidak menjawab di angka 12,2 persen,” ungkap Peneliti Senior LSI Denny JA, Ardian Sopa saat rilis survei di kantornya, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Ardian menjelaskan, pihaknya kemudian membagi pengguna sosial media tersebut berdasarkan beberapa segmen, yakni:

1. Segmen agama

Pemeluk agama Islam yang mendukung Jokowi-Ma’ruf sebesar 45,6% dan Prabowo-Sandiaga 41,4%.

Responden pengguna media sosial non-Islam, yang mendukung Jokowi-Ma’ruf sebesar 72,7% dan Prabowo-Sandiaga 21,2%.

“Pengguna sosmed segmen ormas Islam, Jokowi-Ma’ruf unggul di Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan (kategori) bukan bagian dari ormas mana pun. Prabowo-Sandiaga unggul pada Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan ormas lainnya,” Kata Ardian.

Pada pengguna sosial media yang berafiliasi dengan NU, yang mendukung Jokowi-Ma’ruf sebesar 59% dan Prabowo-Sandiaga 36,5%. Pada kalangan Muhammadiyah, yang mendukung Jokowi-Ma’ruf sebesar 46,6 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga sebesar 41,1 persen.

Di kategori bukan bagian dari ormas mana pun, yang mendukung Jokowi-Ma’ruf sebesar 48,5% dan Prabowo-Sandiaga sebesar 38,8%.

“Kemudian di PA 212, Jokowi-Ma’ruf 27,3 persen. Prabowo-Sandiaga 72,7 persen. Di ormas lainnya Jokowi-Ma’ruf 20 persen, Prabowo-Sandiaga 60 persen,” kata Ardian Sopa.

“Jadi Jokowi-Ma’ruf unggul di NU, Muhammadiyah, dan bukan bagian dari ormas mana pun. Sementara Prabowo-Sandiaga unggul di ormas PA 212 dan ormas lainnya,” nyatanya.

2. Segmen pendapatan

Pada segmen pendapatan, Jokowi-Ma’ruf Unggul atas Prabowo-Sandi di tiga kategori pendapatan, yaitu pendapatan kurang dari Rp 1 juta, Rp 1 juta-Rp 2 juta, dan Rp 2 juta-Rp 3 juta.

“Prabowo-Sandiaga unggul di kategori pendapatan di atas Rp 3 juta,” jelasnya.

3. Segmen pendidikan

Pada segmen pendidikan, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di kategori pendidikan SD, SMP, dan SMA. Sedangkan Prabowo-Sandiaga unggul di kategori perguruan tinggi.

4. Segmen umur

Pada segmen umur, Jokowi-Ma’ruf unggul di empat kategori pada usia 20-29 tahun, 30-39 tahun, 40-49 tahun dan 50 tahun ke atas. Sementara Prabowo-Sandiaga unggul di kategori 19 tahun ke bawah.

5. Segmen gender

Pada segmen gender, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di kalangan laki-laki dan perempuan. Sebanyak 48,6% kalangan laki-laki mendukung Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga sebesar 39,9%.

“Untuk kategori perempuan, Jokowi-Ma’ruf didukung 47,9 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 39,1 persen,” ungkapnya.

Margin of error dalam survei LSI ini adalah plus minus 2,9 persen. Artinya, data survei bisa bertambah atau berkurang sebesar 2,9 persen.

Pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling.

Sumber : Kompas.com
Editor : Redaktur www.jokowimaruf.net

Facebook Comments
Previous ArticleNext Article

Most Popular Topics