Presiden Terus Memantau Langsung Evakuasi Korban Pesawat Lion Air JT-610 0 186

Jakarta, JokowiMaruf.Net – Presiden Joko Widodo terus memantau perkembangan proses evakuasi dan pencarian korban pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Jokowi terjun langsung melihat kondisi penemuan serpihan-serpihan pesawat dan barang-barang penumpang yang angkut dari tengah laut ke pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (30/10/2018).

“Serpihan pesawat dan barang-barang milik penumpang Lion Air JT-610 yang diangkat dari laut dan dievakuasi ke Tanjung Priok, Jakarta, sore tadi,” ucap Jokowi melalui akun Facebooknya.

Presiden Jokowi menjelaskan sedikitnya 30 kapal dan helikopter diterjunkan dalam proses pencarian ini. Jokowi memastikan Gabungan tim Basarnas, Kopaska TNI-AL, serta tim lainnya terus bekerja keras siang dan malam hari guna menemukan para korban dan badan pesawat.

“Dengan mengerahkan lebih 30 kapal dan helikopter, para penyelam dari Basarnas Special Group, Kopaska, dan unit lain, tim gabungan saat ini tengah bekerja keras melakukan pencarian badan pesawat, kotak hitam, dan para korban,” jelasnya.

Jokowi juga mengimbau semua rakyatnya untuk ikut mendoakan proses evakuasi ini. Ia berharap tim yang bertugas mendapat kelancaran dan kemudahan dalam pencarian karena doa dan dukungan dari bangsa Indonesia yang sedang berduka.

“Mohon doa dari seluruh Tanah Air untuk kelancaran dan kemudahan pekerjaan ini,” ungkap Jokowi memohon kepada rakyat Indonesia yang dipimpinnya.

Sehari sebelumnya pada Senin (29/10/2018), Jokowi bertolak dari Bali untuk menemui para keluarga korban di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. Ia duduk di tengah-tengah keluarga korban mendengar cerita dan ungkapan kesedihan keluarga yang kehilangan. Jokowi mengungkapkan bela sungkawa dan ikut merasakan duka mendalam.

Hingga hari ini ke 3 sejak jatuhnya pada Senin (29/10/2018) pagi, pencarian masih terus dilakukan. Sejumlah kontong-kantong jenazah korban yang berhasil ditemukan telah diangkut oleh tim evakuasi menuju RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur untuk dilakukan identifikasi.

Sebagaimana dipantau dari berbagai sumber, Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta – Pangkal Pinang itu membawa 189 orang. Terdiri dari 179 penumpang dewasa, 1 penumpang anak, 2 bayi, 2 pilot, dan 5 kru. [JMN/Marsel]

Facebook Comments
Previous ArticleNext Article

Most Popular Topics