Program Kampanye Direktorat Relawan “Go RelaOne” Diluncurkan, Siap Bergerak 0 149

Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) JokowiMaruf, Jenderal Purnawirawan Moeldoko bersama Direktur Direktorat Relawan KH Maman Imanulhaq dan Ketua Umum #GenMilenialforJokowiMaruf, Abadi Ika Setiawan menandatangani Piagam Program Kampanye yang dimotori Direktorat Relawan dan Launching Program Kampanye Go RelaOne di Rumah Aspirasi, Rabu (31/10/2018) (Sumber Foto: Rawin Murdiki/JokowiMaruf.Net)

Jakarta, JokowiMaruf.Net,- Direktorat Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf secara resmi memperkenalkan program ‘Go RelaOne’ (baca : Go Relawan). Program kampanye ini diluncurkan untuk mengaet kalangan generasi milenial. Selain itu Go RelaOne diperkenalkan kepada masyarakat untuk menghadirkan pemilu yang membawa kegembiraan di tengah kebhinekaan, beradab, dan santun.

Peluncuran program kegiatan kampanye Go RelaOne yang dimotori Maman Imanulhaq dilaksanakan di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi Nomor 46, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (31/10/2018).

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan, Jendral (Purn) Moeldoko dan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Ruhut Sitompul.

Go RelaOne merupakan program yang diluncurkan oleh organ-organ relawan dan difasilitasi oleh Direktorat Relawan TKN Jokowi-Maruf.

“Go RelaOne ini punya karakteristik yang menarik yaitu Fun, Unique dan Memorable. Dia harus menggembirakan, harus unik, kreatif dan dia harus dalam bahasa politiknya, elektoral,” ujar Direktur Relawan Jokowi-Maruf, Maman Imanulhaq.

Program Go RelaOne terdiri dari konsep kompetisi dan non-kompetisi yang akan berlangsung sejak peluncuran hingga 15 Februari 2019 mendatang.

Konsep kompetisi antara lain lomba cipta lagu Jokowi, vlog infrastruktur, da’i ala Maruf Amin, lomba goyang dayung serta lomba marching band.

Sedangkan konsep non-kompetisi misalnya Bang Toyib Coblos Jokowi di Pantura Jawa Barat, Jokowi Mapay Lembur, Halaqoh Ulama dan sebagainya.

“Jadi relawan itu tidak sekadar deklarasi lalu diam, tidak sekadar selfie, tapi ayo bergerak dan berjuang untuk memenangkan Pak Jokowi dan Kiyai Maruf. Relawan itu disatukan oleh suatu nilai partisipatif,” kata Maman Imanulhaq.

Khusus untuk lomba cipta lagu Jokowi, sampai saat ini sudah ada sekitar 46 peserta yang mendaftar dengan judul dan genre musik yang berbeda.

Sejumlah musikus telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi dewan juri, seperti pedangdut Inul Daratista, Sandi Sulung Bang Toyib dan masih banyak lagi.

Puncak acara dan pemberian hadiah akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2019 dan diagendakan bakal dihadiri langsung oleh Jokowi.

“Sudah ada 46 lagu yang daftar ke kita ada yang baru liriknya, musiknya belum, videonya juga dan sebagainya. Dari 10 lagu yang terbaik itu dibikin album dan dilaunching Pak Jokowi. Kemudian untuk vlog infrastruktur akan kita buat album kompilasinya juga,” kata Maman Imanulhaq.

Konsep-konsep yang diusung Go RelaOne adalah sebagai wadah mensosialisasikan capaian-capaian Jokowi dan sekaligus meminta masukan dari masyarakat apa yang harus dilakukan Jokowi-Maruf bila terpilih pada Pemilu 2019 nanti.

“Jadi ada makna dialogis di program ini. Nah yang ke-dua adalah program ini membuat Pilpres tidak jenuh karena biasanya program-program dari relawan ini deklarasi lagi dan deklarasi lagi. Sekarang sudah bukan begitu lagi,” tutur Maman Imanulhaq.

Melalui program RelaOne ini, pos-pos pemenangan Jokowi-Maruf di daerah akan disulap menjadi pos unik dan menarik. Nantinya pos tersebut akan dikunjungi oleh Direktorat Relawan dan disiapkan untuk pelatihan saksi.

“Jadi ada tiga poin penting yang ingin kita capai melalui program ini. Pertama, mensosialisasikan kinerja Pak Jokowi. Ke-dua, kita berusaha agar Pilpres ini tidak jenuh. Poin paling penting adalah bagaimana agar pemilu tidak dijadikan ajang bentrok, saling bermusuhan hingga bangsa Indonesia menjadi terpecah belah. Yang kita inginkan adalah persatuan dan kesatuan tetap terjaga,” ucap Maman Imanulhaq.

Sejumlah anak muda dan kaum milenial mengaku tertarik bergabung dengan Relawan Jokowi-Maruf karena melalui program Go RelaOne mereka dapat bebas berekspresi.

Hal itu diungkapkan oleh seorang anak muda yang bernama Wulan Puspa Indah. Ia bahkan telah mengirimkan lagu ciptaannya yang berjudul Pilihan Rakyat Tetap Jokowi.

“Saya sebelumnya tidak tertarik untuk bergabung walaupun sebenarnya memang mendukung Pak Jokowi. Kebetulan saya kan hobi nyanyi dan di Go RelaOne ada kompetisinya. Jadi, akhirnya saya tertarik. Kalau dulu gimana ya? Dulu itu relawan kesannya kaku, sekarang udah enggak, udah asyiklah, pokoknya udah gue banget,” ujar Wulan Puspa Indah.

Program Go RelaOne mendapatkan apresiasi dari Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko.

Menurutnya, tagline Fun, Unique dan Memorable yang diusung Go RelaOne sudah mencerminkan dan mewadahi keinginan kaum milenial.

“Bagi saya bagaimana relawan itu sebagai penyejuk, kalau di sana tegang di sini tegang muncul relawan jadi tenang dan damai. Mas Maman sudah punya program yang seabrek. Kehadiran relawan itu membuat suasana menjadi enak,” kata Moeldoko saat akan meninggalkan lokasi acara. (M15).

Pada kesempatan ini Direktur Relawan KH Maman Imanulhaq juga menjelaskan bahwa program kegiatan Direktorat Relawan sudah bekerja dengan massif dan bergerak secara cepat untuk memenangkan Jokowi-Maruf dalam kepemimpinan periode kedua.

Salah satu diantaranya dengan dibentuknya Advokat Indonesia Maju (AIM) yang akan bekerja untuk mengawal secara hukum kepentingan dan kegiatan Jokowi-Maruf. “Advokat Indonesia Maju telah melakukan pelaporan atas pelanggaran etika yang dilakukan Hanum Rais dalam kasus penyebaran hoaks oleh Ratna Sarumpaet, AIM sudah bekerja dengan baik dalam mengawal tim Jokowi Maruf secara hukum,” tutur pengasuh Ponpes Majalengka, Jawa Barat.

Direktorat Relawan juga membuka Crisis Centre untuk membantu para korban bencana di Lombok, Palu, Donggala, dan berbagai daerah di Indonesia yang membutuhkan pertolongan.

“Krisis Center yang kami dirikan telah mengirim bantuan bahan makanan, pakaian, uang dan berbagai keperluan bagi korban bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah,” kata Kiai Maman.

Salah satu inisiator #Go RelaOne, Abadi Ika Setiawan mengatakan, pihaknya berusaha merangkul kalangan anak muda generasi milenial yang jumlahnya sangat besar untuk mendukung Jokowi Maruf melalui kegiatan kampanye yang positif, membangun kemajuan dan santun.

“Program kerja kami dalam kampanye membentuk SDM dari kalangan anak muda agar memiliki kepandaian dan nilai kompetitif ke depannya melalui berbagai lomba digital seperti vlog pakde Jokowi, marching band dan short movie,” kata Ketua Umum #Gen Milenial for Jokowi-Maruf. (edo)

Facebook Comments
Previous ArticleNext Article

Most Popular Topics